Monday, January 16, 2012

Pesona Air Terjun Kedung Kayang, Magelang

Indotravle - Air Terjun Kedung Kayang berada di lereng Gunung Merapi dan memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Obyek wisata ini terletak Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, sekitar 3 Km dari obyek wisata Gardu Pandang Ketep Pass, searah menuju Kabupaten Boyolali. Sebagian orang menganggap air terjun ini masuk wilayah Kabupaten Boyolali. Cukup wajar karena lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 30' 0.78" S 110° 23' 38.45" E

Berjarak kurang lebih 19 km dari Blabak di jalur Blabak-Boyolali. Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini searah dengan wisata Ketep di Sawangan. Jadi sebelum naik ke Ketep ada jalan ke kanan yang menuju ke Selo - Boyolali, sekitar 5 -6 km dengan jalan yang berliku.



Akses ke objek wisata ini relatif mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan beraspal yang relatif baik. Pintu masuk ke lokasi ini dapat dari kota Muntilan, Salatiga atau Boyolali.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum ada dua jalur yang dapat digunakan untuk tiba disana. Untuk jalur pertama, dari bus AKAP anda dapat turun di sebelah timur komplek Pabrik Kertas Blabag Magelang dan ambil angkudes jurusan Tlatar Sawangan. Setelah sampai di Tlatar anda berganti angkudes jurusan Jrakah. Rute kedua, dari bus AKAP anda dapat turun di terminal Muntilan kemudian berganti angkudes Jurusan Pasar Talun. Setelah sampai di Pasar Talun, berganti angkudes Jurusan Jrakah.

Memasuki area obyek wisata yang hanya berupa gerbang sederhana dan banyak orang mengira itu adalah jalan menuju ke perkampungan. Gerbang obyek wisata tersebut terdapat pada jalan membelok dan di dekatnya terdapat jalan kecil menuju ke lokasi bumi perkemahan.

Menelusuri jalan sempit yang hanya cukup dilewati sepeda motor sejauh 100 meter dan memarkir kendaraan, tidak serta merta kita bisa melihat keindahan air terjun dari kejauhan. Pengunjung harus berjalan kaki sejauh 200 meter menuju ke bagian tepi tebing untuk melihat pemandangan air terjun Kedung Kayang dari atas.

Ada dua jalur untuk menuju air terjun ini. Yang pertama, jalan lurus langsung sehingga bisa melihat pemandangan dari atas dan bawah. Atau yang kedua, jalan ke arah kiri yang hanya bisa melihat pemandangan dari atas. Kondisi ke dua jalur ini berliku dan sudah dibuatkan undakan, walau sebagian kecil belum ada pagar pengaman.

Kedung kayang merupakan wisata alam yang sangat elok. Di kawasan wisata ini anda dapat menikmati indahnya air terjun kedung kayang yang cukup deras dan hembusan angin pegunungan yang sepoi sepoi. Selain itu kebesaran gunung Merapi dan Merbabu pun akan menambah indahnya suasana. Di hari akhir pekan, tempat ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan yang sekedar menghilangkan penat ataupun pasangan muda mudi yang memadu janji.

No comments: